Selasa, 01 November 2016

Pembinaan Tenaga Pendidik SD melalui Forum Kelompok Kerja Guru (KKG) Virtual

oleh :  Fathurrahman, M.Pd



Undang Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab XI Pasal 40, Pasal 41, dan Pasal 44 dan  Undang Undang nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen Pasal 14 mengamanatkan tentang pembinaan dan kesempatan bagi pendidik untuk mengembangkan dan meningkatkan kualifikasi akademik dan kompetensi; dan/atau memperoleh pelatihan dan pengembangan profesi dalam bidangnya.
         Pembinaan dan peningkatan kompetensi pendidik  dilaksanakan melalui berbagai bimbingan teknis, pendidikan dan pelatihan, workshop, seminar, baik yang difasilitasi oleh Pemerintah (Dinas Pendidikan dan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan/LPMP) maupun program mandiri. Akan tetapi kegiatan – kegiatan seperti ini sangat terbatas jumlahnya dan tidak akan mampu menjangkau kebutuhan seluruh guru yang ada. Oleh karenanya kegiatan - kegiatan diskusi guru dalam wadah Kelompok Kerja Guru selanjutnya disebut KKG yang merupakan bagian dari bahan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) sangat besar peranannya  dalam meningkatkan kompetensi guru.
KKG merupakan wadah kerjasama tenaga pendidik dan sarana pembinaan profesionalisme serta wadah  penyebaran inovasi khususnya di bidang pendidikan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di sekolah dasar. Akan tetapi masih banyak persoalan yang muncul dikarenakan kurang terprogramnya kegiatan, dana yang terbatas  dan masih minimnya tindak lanjut terhadap beberapa program yang telah dilaksanakan (setelah pelatihan selesai, anggota masih menerapkan metode pembelajaran yang konvensional).

Oleh karenanya diperlukan revitalisasi KKG yang ditunjang inovasi dalam pengelolaannya dan dengan pembinaan serta pengawasan yang optimal dari stakeholder yang terkait. Dengan pemberdayaan KKG diharapkan akan benar – benar dirasakan manfaatnya bagi guru. Guru dapat berbagi pengalaman serta saling memberi bantuan dan  umpan balik untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, sikap dan mengadopsi pendekatan pembelajaran yang lebih inovatif, terutama bagi yang  telah mendapat pendidikan dan latihan pada jajaran yang lebih tinggi
Kegiatan KKG  yang ada sekarang ini kebanyakan terbatas pada pertemuan konvensional yang biasanya  dilaksanakan sebulan sekali untuk  masing – masing jenis KKG.  Sementara kebutuhan guru untuk pengembangan diri tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Untuk mengakomodir keperluan-keperluan tersebut dan untuk mengatasi permasalahan kesulitan pembinaan terhadap tenaga pendidik dan terbatasnya kesempatan bagi pendidik untuk meningkatkan kompetensi dan pengembangan diri pada lingkup binaan maka dibutuhkan inovasi berupa kegiatan yang oleh penulis diberi istilah “KKG Virtual”.   

Apa  itu  KKG  Virtual?
Disebut KKG virtual karena baik pembina, pengurus maupun anggota tidak bertatap muka secara langsung tetapi berkomunikasi secara on line dengan menggunakan aplikasi – aplikasi baik itu semacam media sosial maupun media e learning . Salah satu aplikasi yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan jaringan pendidikan global berbasis media sosial yang bernama “Edmodo”. Edmodo  adalah platform pembelajaran yang aman bagi guru, siswa dan sekolah. Edmodo dapat membantu pengajar membangun sebuah kelas virtual berdasarkan pembagian kelas nyata di sekolah, dimana dalam kelas tersebut terdapat penugasan, quiz dan pemberian nilai pada setiap akhir pembelajaran. Fasilitas – fasilitas yang  ada pada edmodo inilah yang kemudian bisa dimodifikasi untuk digunakan sebagai forum KKG  Virtual.
Forum KKG Virtual dengan menggunakan edmodo ini merupakan wadah yang melengkapi dan menjembatani keterbatasan yang dimiliki oleh KKG regular (tatap muka).  KKG virtual tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Kapanpun dan dimanapun KKG ini bisa dilaksanakan. Didalam forum ini pembina, pengurus, maupun  anggota bisa saling berbagi informasi, pengetahuan dan pengalaman di bidang pendidikan. Forum ini bisa juga dijadikan dokumentasi ataupun jurnal terhadap berbagai kegiatan KKG termasuk segala rekaman kegiatan KKG reguler bulanan. Edmodo juga dapat digunakan sebagai alat kontrol untuk pembinaan dan  pengawasan terhadap berbagai kegiatan KKG yang dilaksanakan.


Persiapan  Pembentukan Forum KKG  Virtual.
Perlu  ditekankan di sini bahwa forum KKG Virtual tidak mengurangi peran KKG yang ada  ( KKG tatap muka/regular) tetapi justru melengkapi kekurangan – kekurangan yang ada pada KKG reguler. Pembina, pengurus dan anggotanya adalah orang yang sama, yang  membedakannya hanyalah cara pelaksanaannya. KKG virtual tidak dibatasi  oleh ruang dan waktu karenanya kapanpun dan dimanapun bisa dilaksanakan. Tentunya bagi pengurus yang ingin mulai menggunakan Edmodo, harus menyiapkan sarana prasarana agar terhubung dengan edmodo, antara lain :
1.    Personal Computer/laptop dengan koneksi Internet, atau
2.    Smartphone (tersedia aplikasi edmodo untuk Android/iPhone), atau
3.    Handphone dengan web browser
4.    Akun email yang aktif dan foto untuk profil
Kalau  semua  sudah disiapkan maka mulailah  dengan  membuat akun edmodo. Jika anda menggunakan PC/Laptop, buka browser kesayangan anda kemudian buka web browser (iExplorer, Firefox, Chrome, Opera), arahkan tujuan pada www.edmodo.com,  Ikuti  petunjuk – petunjuk yang ada sehingga anda berhasil membuat sebuah akun edmodo.  Langkah berikutnya adalah membuat sebuah group misalnya dengan nama Forum KKG Virtual Sungai Tabuk. Orang yang membuat group ini akan menjadi owner dari group ini.  Oleh karena itu sebaiknya yang menjadi owner adalah salah  satu pengurus  dari KKG. Lalu undanglah anggota – anggota KKG anda untuk bergabung di group dengan menginformasikan kode group agar mereka bisa joined (bergabung). Teman – teman pendidik anda yang sudah memiliki akun edmodo dapat bergabung dalam group yang telah anda buat. Jangan lupa juga  untuk mengundang pihak – pihak yang terkait dalam pembinaan KKG seperti kepala UPT, pengawas pembina dan juga para kepala sekolah  dalam ada  satu gugus  KKG anda.  Jika semua ini sudah selesai dipersiapkan maka KKG virtual siap dilaksanakan.
Kegiatan – Kegiatan yang  bisa dilakukan  dalam KKG  virtual
Edmodo  menyediakan banyak fasilitas yang  bisa dimanfaatkan untuk pembinaan tenaga pendidik dalam hal ini anggota  dari forum KKG virtual tersebut. Anggota group memiliki akses yang tiada batas untuk membuat beberapa jenis postingan. Jenis postingan itu  antara lain :
1.    Note
Note merupakan catatan yang ditulis secara  langsung  maupun file yang diupload, ataupun tautan link.  Anggota forum  dapat berbagi informasi melalui tulisan – tulisan yang dibuat sendiri maupun mengutip tulisan – tulisan orang lain untuk  di copy paste. Anggota forum juga bisa mengupload file – file untuk dibagikan baik itu berupa foto – foto kegiatan, laporan, silabus, RPP, media pembelajaran, video pembelajaran maupun tautan link dari laman – laman yang berkaitan dengan pendidikan. Lewat note ini anggota forum juga bisa berdiskusi melalui komentar – komentar yang diberikan menanggapi postingan yang telah dibuat oleh anggota lain. Yang tak kalah pentingnya adalah para  pengawas, kepala sekolah dan kepala UPT bisa ikut terlibat  melakukan pembinaan lewat  tanggapan, komentar ataupun arahan yang diberikan.

2.    Assignments
Merupakan aktifitas untuk membuat  penugasan yang diberikan guru kepada muridnya.  Untuk forum  KKG Virtual bisa saja kegiatan ini dimodifikasi dengan pemberian tugas kepada anggota misalnya membuat Rencana Program  Pembelajaran (RPP) kepada anggota masing – masing untuk beberapa pertemuan pembelajaran. Tentu saja anggota diberi pemahaman dan model terlebih dahulu mengenai cara pembuatan RPP yang baik dan benar pada KKG reguler. Bisa dibayangkan jika  semua anggota membuat RPP tersebut dan akhirnya terkumpul menjadi RPP yang disatukan dalam satu semester atau satu tahun maka problematika guru tidak memiliki RPP sudah bisa teratasi. Tentunya masih banyak  lagi  contoh – contoh lain dari manfaat adanya KKG Virtual ini.

3.    Quiz
Merupakan pertanyaan yang bisa kita buat dan kita lihat  hasilnya. Bisa saja ini dijadikan alat untuk mengasah kemampuan anggota dengan diberikan beberapa soal melalui jenis postingan quiz

4.    Polls
Merupakan jenis postingan untuk membuat poling pendapat.  Dari polling ini nantinya didapatkan statistik hasil dari jajak pendapat anggota.  Sebagai contoh kita ingin mengetahui bagaimana  pendapat  anggota mengenai wacana penerapan full - day school di sekolah. Tentu akan  muncul pendapat setuju, tidak setuju atau abstain tergantung dari banyaknya opsi yang diberikan  pada jajak pendapat tersebut. Kemudian akan muncul prosentasi  jajak pendapat tersebut.
Demikian beberapa jenis postingan yang bisa digunakan dalam forum KKG virtual menggunakan aplikasi edmodo. Banyak manfaat yang bisa diambil dari kegiatan forum KKG virtual ini. Sebagai penutup dari tulisan ini, beberapa poin dapat dijadikan kesimpulan sebagai berikut :
1.    Forum KKG Virtual ini merupakan wadah yang melengkapi dan menjembatani keterbatasan yang dimiliki oleh KKG regular (tatap muka).
2.    Forum KKG virtual tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Kapanpun dan dimanapun KKG ini bisa dilaksanakan secara virtual/on line.
3.    Ada beberapa jenis postingan yang bisa dimanfaatkan oleh anggota yaitu note (catatan), quiz (kuis/pertanyaan/soal), assignment (tugas – tugas), dan Poll (poling pendapat).
4.    Didalam forum ini pembina, pengurus, maupun  anggota bisa saling berbagi informasi, pengetahuan dan pengalaman bidang pendidikan.
5.    Forum ini bisa juga dijadikan dokumentasi ataupun jurnal terhadap berbagai kegiatan KKG termasuk segala rekaman kegiatan KKG reguler bulanan.
6.    Semangat yang dibangun adalah semangat kebersamaan dalam berbagi. 
Demikianlah pemanfaatan forum KKG virtual dalam rangka pembinaan tenaga pendidik disekolah dasar. Tentunya tidak hanya terbatas untuk forum KKG tetapi juga bisa dimodifikasi untuk forum`- forum pendidikan yang lain seperti  forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), forum Kelompok Kerja Kepala Sekolah Dasar (KKKSD), Forum Musyawarah  Kelompok Kerja Kepala Sekolah (MKKKS), dan lain – lain.

                                    *)  Kepala  UPT Pendidikan Kecamatan Sungai Tabuk

                                         Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar

1 komentar: