oleh : Fathurrahman, M.Pd
Undang
Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab XI Pasal 40,
Pasal 41, dan Pasal 44 dan Undang Undang nomor 14
tahun 2005
tentang Guru dan Dosen Pasal 14
mengamanatkan tentang pembinaan dan kesempatan bagi pendidik untuk mengembangkan dan
meningkatkan kualifikasi akademik dan kompetensi; dan/atau memperoleh pelatihan dan pengembangan profesi dalam
bidangnya.
Pembinaan dan peningkatan kompetensi pendidik dilaksanakan melalui berbagai bimbingan teknis,
pendidikan dan pelatihan, workshop, seminar, baik yang difasilitasi oleh
Pemerintah (Dinas Pendidikan dan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan/LPMP)
maupun program mandiri. Akan tetapi kegiatan – kegiatan seperti ini sangat
terbatas jumlahnya dan tidak akan mampu menjangkau kebutuhan seluruh guru yang
ada. Oleh karenanya kegiatan - kegiatan diskusi guru dalam wadah Kelompok Kerja
Guru selanjutnya disebut KKG yang merupakan bagian dari bahan pengembangan
keprofesian berkelanjutan (PKB) sangat besar peranannya dalam meningkatkan kompetensi guru.
KKG merupakan wadah kerjasama tenaga pendidik dan sarana pembinaan profesionalisme serta wadah penyebaran inovasi khususnya di bidang
pendidikan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di sekolah dasar. Akan tetapi masih banyak persoalan yang muncul
dikarenakan kurang terprogramnya kegiatan, dana yang terbatas dan masih minimnya tindak lanjut terhadap beberapa
program yang telah dilaksanakan (setelah pelatihan selesai, anggota masih menerapkan
metode pembelajaran yang konvensional).
Oleh karenanya
diperlukan revitalisasi KKG yang ditunjang inovasi dalam pengelolaannya dan
dengan pembinaan serta pengawasan yang optimal dari stakeholder yang terkait.
Dengan pemberdayaan KKG diharapkan akan benar – benar dirasakan manfaatnya bagi
guru. Guru dapat berbagi pengalaman serta saling memberi bantuan dan umpan balik untuk meningkatkan pengetahuan,
keterampilan, sikap dan mengadopsi pendekatan pembelajaran yang lebih inovatif,
terutama bagi yang telah mendapat
pendidikan dan latihan pada jajaran yang lebih tinggi
Kegiatan
KKG yang ada sekarang ini kebanyakan
terbatas pada pertemuan konvensional yang biasanya dilaksanakan sebulan sekali untuk masing – masing jenis KKG. Sementara kebutuhan guru untuk pengembangan
diri tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Untuk mengakomodir keperluan-keperluan tersebut
dan untuk mengatasi permasalahan
kesulitan pembinaan terhadap tenaga pendidik dan terbatasnya kesempatan bagi
pendidik untuk meningkatkan kompetensi dan pengembangan diri pada lingkup
binaan maka dibutuhkan inovasi berupa
kegiatan yang oleh penulis diberi istilah “KKG
Virtual”.
Apa itu KKG
Virtual?
Disebut KKG
virtual karena baik pembina, pengurus maupun anggota tidak bertatap muka secara
langsung tetapi berkomunikasi secara on line dengan menggunakan aplikasi –
aplikasi baik itu semacam media sosial maupun media e learning . Salah satu
aplikasi yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan jaringan pendidikan global berbasis media sosial yang bernama
“Edmodo”. Edmodo adalah
platform pembelajaran yang aman bagi guru, siswa dan sekolah. Edmodo dapat
membantu pengajar membangun sebuah kelas virtual berdasarkan pembagian kelas
nyata di sekolah, dimana dalam kelas tersebut terdapat penugasan, quiz
dan pemberian nilai pada setiap akhir pembelajaran. Fasilitas –
fasilitas yang ada pada edmodo inilah
yang kemudian bisa dimodifikasi untuk digunakan sebagai forum KKG Virtual.
Forum
KKG Virtual dengan menggunakan edmodo ini merupakan wadah yang melengkapi dan
menjembatani keterbatasan yang dimiliki oleh KKG regular (tatap muka). KKG virtual tidak dibatasi oleh ruang dan
waktu. Kapanpun dan dimanapun KKG ini bisa dilaksanakan. Didalam forum ini
pembina, pengurus, maupun anggota bisa
saling berbagi informasi, pengetahuan dan pengalaman di bidang pendidikan.
Forum ini bisa juga dijadikan dokumentasi ataupun jurnal terhadap berbagai
kegiatan KKG termasuk segala rekaman kegiatan KKG reguler bulanan. Edmodo juga dapat digunakan sebagai alat kontrol untuk
pembinaan dan pengawasan terhadap
berbagai kegiatan KKG yang dilaksanakan.
Persiapan Pembentukan
Forum KKG Virtual.
Perlu ditekankan
di sini bahwa forum KKG Virtual tidak mengurangi peran KKG yang ada ( KKG tatap muka/regular) tetapi justru
melengkapi kekurangan – kekurangan yang ada pada KKG reguler. Pembina, pengurus
dan anggotanya adalah orang yang sama, yang
membedakannya hanyalah cara pelaksanaannya. KKG virtual tidak
dibatasi oleh ruang dan waktu karenanya
kapanpun dan dimanapun bisa dilaksanakan. Tentunya bagi pengurus yang ingin
mulai menggunakan Edmodo, harus menyiapkan sarana prasarana agar terhubung
dengan edmodo, antara lain :
1.
Personal
Computer/laptop dengan koneksi Internet, atau
2.
Smartphone
(tersedia aplikasi edmodo untuk Android/iPhone), atau
3.
Handphone
dengan web browser
4.
Akun
email yang aktif dan foto untuk profil
Kalau semua sudah disiapkan maka mulailah dengan
membuat akun edmodo. Jika anda menggunakan PC/Laptop, buka browser
kesayangan anda kemudian buka web browser (iExplorer, Firefox, Chrome, Opera),
arahkan tujuan pada www.edmodo.com, Ikuti
petunjuk – petunjuk yang ada sehingga anda berhasil membuat sebuah akun
edmodo. Langkah berikutnya adalah
membuat sebuah group misalnya dengan nama Forum KKG Virtual Sungai Tabuk. Orang
yang membuat group ini akan menjadi owner dari group ini. Oleh karena itu sebaiknya yang menjadi owner
adalah salah satu pengurus dari KKG. Lalu undanglah anggota – anggota
KKG anda untuk bergabung di group dengan menginformasikan kode group agar
mereka bisa joined (bergabung). Teman – teman pendidik anda yang sudah memiliki
akun edmodo dapat bergabung dalam group yang telah anda buat. Jangan lupa
juga untuk mengundang pihak – pihak yang
terkait dalam pembinaan KKG seperti kepala UPT, pengawas pembina dan juga para
kepala sekolah dalam ada satu gugus
KKG anda. Jika semua ini sudah
selesai dipersiapkan maka KKG virtual siap dilaksanakan.
Kegiatan – Kegiatan yang bisa dilakukan dalam KKG
virtual
Edmodo menyediakan
banyak fasilitas yang bisa dimanfaatkan
untuk pembinaan tenaga pendidik dalam hal ini anggota dari forum KKG virtual tersebut. Anggota
group memiliki akses yang tiada batas untuk membuat beberapa jenis postingan.
Jenis postingan itu antara lain :
1. Note
Note
merupakan catatan yang ditulis secara
langsung maupun file yang
diupload, ataupun tautan link. Anggota
forum dapat berbagi informasi melalui
tulisan – tulisan yang dibuat sendiri maupun mengutip tulisan – tulisan orang
lain untuk di copy paste. Anggota forum
juga bisa mengupload file – file untuk dibagikan baik itu berupa foto – foto
kegiatan, laporan, silabus, RPP, media pembelajaran, video pembelajaran maupun tautan
link dari laman – laman yang berkaitan dengan pendidikan. Lewat note ini
anggota forum juga bisa berdiskusi melalui komentar – komentar yang diberikan
menanggapi postingan yang telah dibuat oleh anggota lain. Yang tak kalah
pentingnya adalah para pengawas, kepala
sekolah dan kepala UPT bisa ikut terlibat
melakukan pembinaan lewat tanggapan,
komentar ataupun arahan yang diberikan.
2.
Assignments
Merupakan aktifitas untuk
membuat penugasan yang diberikan
guru kepada muridnya. Untuk forum
KKG Virtual bisa saja kegiatan ini dimodifikasi dengan pemberian tugas
kepada anggota misalnya membuat Rencana Program
Pembelajaran (RPP) kepada anggota masing – masing untuk beberapa
pertemuan pembelajaran. Tentu saja anggota diberi pemahaman dan model terlebih
dahulu mengenai cara pembuatan RPP yang baik dan benar pada KKG reguler. Bisa
dibayangkan jika semua anggota membuat
RPP tersebut dan akhirnya terkumpul menjadi RPP yang disatukan dalam satu
semester atau satu tahun maka problematika guru tidak memiliki RPP sudah bisa
teratasi. Tentunya masih banyak
lagi contoh – contoh lain dari
manfaat adanya KKG Virtual ini.
3.
Quiz
Merupakan pertanyaan yang
bisa kita buat dan kita lihat hasilnya.
Bisa saja ini dijadikan alat untuk mengasah kemampuan anggota dengan diberikan
beberapa soal melalui jenis postingan quiz
4.
Polls
Merupakan
jenis postingan untuk membuat poling pendapat.
Dari polling ini nantinya didapatkan statistik hasil dari jajak pendapat
anggota. Sebagai contoh kita ingin
mengetahui bagaimana pendapat anggota mengenai wacana penerapan full - day
school di sekolah. Tentu akan muncul
pendapat setuju, tidak setuju atau abstain tergantung dari banyaknya opsi yang
diberikan pada jajak pendapat tersebut.
Kemudian akan muncul prosentasi jajak pendapat
tersebut.
Demikian
beberapa jenis postingan yang bisa digunakan dalam forum KKG virtual
menggunakan aplikasi edmodo. Banyak manfaat yang bisa diambil dari kegiatan
forum KKG virtual ini. Sebagai penutup dari tulisan ini, beberapa poin dapat
dijadikan kesimpulan sebagai berikut :
1. Forum KKG Virtual ini merupakan wadah yang
melengkapi dan menjembatani keterbatasan yang dimiliki oleh KKG regular (tatap
muka).
2. Forum KKG virtual tidak dibatasi oleh ruang dan
waktu. Kapanpun dan dimanapun KKG ini bisa dilaksanakan secara virtual/on line.
3. Ada
beberapa jenis postingan yang bisa dimanfaatkan oleh anggota yaitu note
(catatan), quiz (kuis/pertanyaan/soal), assignment (tugas – tugas), dan Poll
(poling pendapat).
4. Didalam forum ini pembina, pengurus, maupun anggota bisa saling berbagi informasi,
pengetahuan dan pengalaman bidang pendidikan.
5. Forum ini bisa juga dijadikan dokumentasi ataupun
jurnal terhadap berbagai kegiatan KKG termasuk segala rekaman kegiatan KKG
reguler bulanan.
6. Semangat
yang dibangun adalah semangat kebersamaan dalam berbagi.
Demikianlah
pemanfaatan forum KKG virtual dalam rangka pembinaan tenaga pendidik disekolah
dasar. Tentunya tidak hanya terbatas untuk forum KKG tetapi juga bisa
dimodifikasi untuk forum`- forum pendidikan yang lain seperti forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP),
forum Kelompok Kerja Kepala Sekolah Dasar (KKKSD), Forum Musyawarah Kelompok Kerja Kepala Sekolah (MKKKS), dan
lain – lain.
*) Kepala
UPT Pendidikan Kecamatan Sungai Tabuk
Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar
terima kasih informasinya,pak...
BalasHapus